Mangut Beong Kuliner Khas Kota Seribu Bunga

Letspaw.com – Kota Magelang yang merupakan kota paling ramai di Jawa Tengah dengan udaranya yang begitu sejuk. Selain itu Kota Magelang juga memiliki sebuah julukan yakni Kota Seribu Bunga lantaran banyak sekali bunga yang cocok tumbuh di Magelang.

Selain melimpah akan bunganya yang begitu banyak, Magelang juga memiliki makanan khas yang sungguh menggugah lidah untuk bisa merasakannya. Banyak kuliner yang wajib banget untuk dicoba ketika sudah di Kota Magelang. Salah satunya yakni Mangut Beong.

Mangut beong adalah olahan mangut yang berbahan dasar daging ikan beong. Kalian semua pasti sangat asing dengan nama ikan beong yang satu ini. Ikan beong merupakan sejenis ikan air tawar yang habitatnya berada di sungai progo. Selain itu ikan beong juga merupakan salah satu ikon kota Magelang.

Ciri ciri ikan beong sendiri berwarna kuning atau mungkin lebih tepatnya coklat tua dan mempunyai tiga kumis dan patil yang menyerupai lele. Ikan satu ini masih kerabat dekat dengan ikan lele namun ukuran dan bentuknya sedikit berbeda. yang mana bentuk ikan beong agak menyerupai ikan patin dan sedikit lebih besar ukurannya dari lele. ekornya mirip dengan ikan bandeng.

Mangut ikan beong dan mangut lele memiliki bumbu kuah yang sama. hanya berbeda dari bahan dasar pembuatannya saja yaitu ikan beong dan ikan lele. tentu saja hal ini lah yang membuat mangut beong dan mangut lele memiliki cita rasa yang berbeda. Setelah tadi kuahnya, siap giliran sang bintang untuk di goreng hingga garing. Baru kemudian jika sudah kremes kremes langsung di masukan kedalam kuah hingga beberapa saat. tidak lupa santan di campurkan agar menambah rasa gurih dan segar. di jamin bumbu akan meresap kedalam daging ikan beongnya.

Untuk harga cukup bervariatif hanya berkisar harga Rp 20.000 hingga Rp 70.000 seporsi mangut beong sudah bisa di nikmati. Harga tergantung ukuran ikannya sendiri, semakin besar ukurannya ya tentu saja semakin mahal. Untuk harga termahal, sudah bisa menikmati mangut dengan ukuran kepala kurang lebih 20 cm.

Menurut pengakuan seorang penjual mangut, setiap hari dia bisa menjual hingga 80kg ikan beong. dan akan meningkat saat hari raya idul fitri hingga mencapai 1 kuintal ikan. Silahkan buat kalian yang penasaran gak usah kelamaan langsung cuss ke Kota Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*