Nasi Brongkos Koyor Warung Handayani Di Alkid Jogja

Letspaw.com – Di Kota yang sering dijuluki sebagai Kota Pelajar yakni Yogjakarta ini mmiliki segudang tempat wisata hingga wisata kulinernya yang begitu banyak. Salah satu kuliner yang sangat dikenal orang dari kota Jogja yakni gudeg. Namun ada juga makanan khas Jogja yang lain, salah satunya yakni brongkos koyor.

Warung brongkos koyor yang paling terkenal di Jogja yakni berada di Warung Handayani, Jalan Gading. Lokasi warung Handayani ini sangat berdekatan dengan Alkid (alun-alun kidul). Posisinya tepat berada di sebelah utara Alkid.

Untuk menuju lokasi Warung ini cukup mudah, jika anda dari pusat Kota Yogyakarta silahkan menuju Alun-Alun Kidul atau Plengkung Gading. Warung ini terletak persis di selatan Alun-Alun Kidul atau sebelah utara Plengkung Gading.

Warungnya memang sangat terlihat minimalis, palingan cuma muat maksimal 30an orang. Tapi di mana ada makanan yang enak, di situ pasti pengunjungnya terus berdatangan. Lahan parkir di tepi jalan seringkali dipenuhi oleh mobil dan motor para pengunjung. Saran saya, datanglah pagi-pagi karena warung yang dirintis oleh pasangan Adiyo Utomo dan Sardiyem sejak tahun 1960-an ini lebih ramai dikunjungi pada saat jam makan siang.

Brongkos yang tersedia di sini ada berbagai macam, ada brongkos telur, brongkos ayam, brongkos empal (daging sapi), brongkos tetelan (sisa-sisa daging sapi yang menempel di tulang), dan brongkos campur.

Meskipun menu yang paling dicari adalah brongkos, Warung Handayani yang buka dari jam 7 pagi hingga sore hari ini menawarkan banyak menu lainnya, seperti nasi rame, nasi pecel, dan berbagai lauk pauk ala warteg.

Untuk menu minumannya sendiri ada bermacam-macam tapi yang paling banyak dipesan yakni es campur yang merupakan campuran es kelapa muda dan tape. Di meja juga udah tersedia beberapa penganan ringan lain yang bisa dimakan bareng nasi. Untuk satu porsi nasi brongkos koyor ini hanya seharga 30.000 rupiah saja. Harganya tidak sebanding dengan apa yang dirasakan di lidah loh gaes. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*