Gulai Ikan Patin Khas Jambi Yang Kaya Vitamin

Letspaw.com – Sepertinya masakan dari olahan ikan memang sudah menjadi bagian dari menu hidangan spesial dalam setiap momen. Terbukti dengan banyaknya ragam racikan masakan yang berasal dari makhluk air yang satu ini. Seperti juga gulai ikan patin yang merupakan olahan ikan patin yang dijadikan sebagai hidangan masakan spesial ala gulai yang satu ini. Bagi anda yang ingin mencobanya bisa membuat masakan sedap spesial.

Ciri khas Gulai adalah bumbunya yang kaya akan rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan.

Masakan ini memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari dari Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ada yang disebut dengan Kari.

Bahan utama Gulai Ikan Patin adalah ikan patin itu sendiri. Gulai ikan patin dimasak dengan menggunakan tempoyak atau daging buah durian yang telah difermentasi. Ada juga pengganti tempoyak, yakni santan kelapa. Karena tidak semua orang suka dengan bau dan rasa tempoyak yang sangat menyengat, Gulai Ikan Patin khas Jambi juga sebaiknya disajikan ketika masih panas.

Manfaat dari makanan Gulai Ikan Patin adalah menurunkan kolestrol jahat sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Gulai Ikan Patin khas Jambi mengandung beberapa gizi seperti vitamin A, omega 3, DHA dan EPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*