Ragit Kito Khas Palembang yang Ada Pas Bulan Puasa Saja

Letspaw.com – Ragit adalah kuliner khas dari Palembang. Makanan ini mirip roti jala dari India. Bentuknya bisa segitiga, bisa pula seperti dadar gulung. Biasanya, ragit disantap dengan kuah daging kari.

Makanan ini juga agak mirip dengan martabak Tambi atau martabak HAR yang menjamur di Kota Palembang, menggunakan kuah kari sebagai “cocolan”-nya.

Makanan khas palembang ini mirip dengan Roti Cane Bumbu Kari khas India. Bedanya roti cane dan Ragit Jala hanya pada bentuk atau rupa saja dan yang membua sama adalah kuah kari yang digunakan ebagai pelengkap atau cocolan Ragit atau Roti Cane.

Semacam dadar gandum yang di panggang dengan cetakkan khusus lalu dimakan dengan kuah kari. Bentuk makanan ini seperti roti jala dari India, dibentuk segitiga dan bisa pula seperti dadar gulung. Kalau kamu pernah makan salah satu kuliner khas Palembang yaitu martabak Tambi atau martabak HAR, nah Ragit ini menggunakan kuah kari sebagai penambah gurihnya.

Ragit terbuat dari terigu, telur, dan garam. Untuk kuah ada kentang, daging sapi, santan kelapa, dan bumbu kari. Ragit biasanya dibuat terlebih dulu dengan cara didadar. Sedangkan kuah dibuat belakangan seperti menggulai kari biasa.

Saat mau dimakan, roti ragit dadar disiram dengan kuah kari, biasanya ditaburi bawang goreng dan cabai hijau panjang dipotong-potong kecil.

Ragit banyak dijual pada bulan Ramadan. “Kalau bulan puasa cari ragit gampang, datang saja ke pasar beduk, pasti dijumpai ragit,” kata Eka Ariyani, warga Bukti Besar Palembang, penyuka makanan ragit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*