Dapatkan Kuah Garang Asem Segar Ala Bondan Winarno

 

 

Letspaw.com – Resep untuk membuat kuah garang asem dijelaskan oleh Bondan Winarno supaya memperoleh kuah garang asem yang lebih segar dan lezat. Rahasia resep tersebut kemudian ditulis olehnya dalam sebuah buku berjudul “100 Resep Mak Nyus Jakarta” ini sangat sederhana sehingga dapat dibuat oleh siapa saja.

Bondan Winarno berpandangan garang asem memiliki dua versi yang berbeda yakni versi Kudus yang dibuat tidak menggunakan santan serta versi Solo yang dibuat menggunakan santan. Meski memiliki perbedaan, satu hal yang membuat keduanya sama yakni cara memasaknya yang sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang.

Nama “Garang” itu sendiri menurutnya diambil dari cara memasaknya yang dikukus atau digarang. Pada buku yang ditulisnya, Bondan Winarno mengungkapkan cita rasa kuah garang asem itu hadir dari bahan yang digunakan yakni belimbing sayur yang dijadikan bahan pelengkap.

Kesegaran rasa kuah garang asem juga dipengaruhi oleh kaldu asli rebusan ayam yang dibuat. Tetapi, Bondan Winarno menekankan supaya memilih ayam yang tepat supaya memperoleh kesegaran kuah garang asem.

Menurut Bondan Winarno, bahan dasar yang digunakan untuk memperoleh kuas yang segar yakni menggunakan daging ayam kampung. Tidak hanya mempengaruhi kuah kaldu garang asem yang dihasilkan, tetapi dengan menggunakan ayam kampung juga akan menghindari daging hancur ketika proses pengukusan yang membutuhkan waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*