Menikmati Manisnya Teh Susu Asal Thailand, Thai Tea

 

 

 

Letspaw.com – Sekarang semakin banyak yang menggemari teh yang berwarna kecokelatan dari Thailand. Thai tea atau biasa disebut dengan Thai Iced Tea atau Cha Yen memang mempunyai rasa yang manis dan aromanya yang begitu khas.

Teh Thailand ini dibuat menggunakan seduhan teh Ceylon. Teh tersebut merupakan teh asli dari Sri lanka yang mempunyai aroma yang unik dan mempunyai harga pasaran yang sangat tinggi.

Sebagai gantinya, thai tea juga kerap diganti menggunakan teh Assam yang ditanam langsung di dataran Thailand, dan teh ini biasa disebut dengan Bai Miang yang saat ini kerap menjadi campuran dalam pembuatan Thai tea.

Bila diseduh, Bai Miang akan memberi warna cokelat kemerahan pada air yang digunakan dan itulah ciri khas dari Thai tea. Bila kalian menyukai yang manis, kalian dapat menambahkan susu evaporated, krimer dan susu kental manis supaya memperoleh tekstur yang creamy.

Tidak hanya susu, ada sejumlah penjual yang mencampurkan santan dan rempah seperti bunga lawang, orange blossom sampai kapulaga. Minuman manis dan kental ini memang menjadi minuman keseharian masyarakat di Thailand. Tetapi, minuman ini mulai dikenal di Indonesia pada awal tahun 2017 lalu.

Salah satu tempat yang menawarkan minuman manis ini adalah Dum Dum, sebuah tempat yang menyajikan minuman ala Thailand dan mempunyai menu thai tea original, Thai green tea hingga Milo coffee. Tidak hanya Dum Dum, ada pula sejumlah gerai lain yang menawarkan minuman yang sama misalnya di Chapayom, Cha Yen Thai hingga Tuk Tuk Cha.

Untuk satu gelas minuman thai tea ini dibanderol seharga RP 20.000 sampai Rp 25.000 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*