Kuliner Nusantara Khas Sumatera Utara Ikan Arsik

 

 

 

Letspaw.com – Salah satu kekayaan milik nusantara adalah resep makanan yang tersebar di setiap wilayah Nusantara. Salah satunya dari Sumatera Utara dengan kulinernya yang khas. Bila kalian umumnya mendengar bika Ambon atau bolu gulung, Sumatra Utara juga mempunyai kekayaan kuliner yang masih belum diketahui publik, diantaranya adalah ikan arsik.

Manu nasi ikan arsik ini adalah menu makan kari ikan khas Sumatera Utara yang kaya akan cita rasa Nusantara. Menu tersebut diambil oleh penerbangan Citilink menjadi menu kuliner yang tersedia bagi penumpang.

“Kami ini mempromosikan kuliner khas Nusantara lewat menu makanan yang disediakan pada penerbangan. Salah satunya menu ikan arsik dari Sumatera Utara yang terbaru,” ungkap Benny Rustanto Vice President Cargo & Ancillary Revenue Citilink, Kamis (25/1/2018) di Menara Citicon Jakarta.

Pilihan nasi ikan arsik sibolga menjadi menu rekomendasi pihak Citilink Indonesa adalah salah satu wujud dukungan Citilink untuk mengenalkan kuliner khas Sumetera Utara yang menjadi salah satu wisata prioritas Indonesia. Ikan arsik adalah menu tradisional khas Sumatera Utara yang dihidangkan pada acara spesial.

Yusuf Mubarok, Executive Manager Menu Development dari Acs yang menaungi Garuda dan Citilink mengatakan menu kuliner nasi ikan arsik tersebut diracik secara khusus bagi penumpang Citilink. Bila umumnya ikan arsik dibuat memakai ikan emas oleh warga Sumatera Utara, Citilink mengganti dengan ikan Dori supaya tidak terlalu banyak tulang ikan.

“Ikan kita ganti jadi ikan dori karena ikan emas masih memiliki banyak tulang. Hal ini untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Sementara untuk bumbu yang digunakan persis mirip dengan aslinya dari Sibolga, cuma ada beberapa bumbu yang diganti karena sulit menemukannya di sini,” ungkap Yusuf Mubarok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*