Nasi Hainan Ayam Panggang Khas Malaysia di Semarang

 

 

Letspaw.com – Negeri Jiran Malaysia yang berada tidak jauh dari Indonesia, juga mempunyai kuliner khas yang diperoleh dari beragam kultur budaya. Salah satunya yakni Nasi Hainan Ayam Panggang yang masih memiliki garus keturunan masakan khas asal Tiongkok.

Makanan yang disediakan oleh resto Penang Paradise, pujasera Eat & Eat, Mall Paragon Semarang berupa Nasi Hainan Ayam Panggang ini dibuat dengan memakai beragam rempah-rempah pada pembuatannya.

“Sebelum ayam dipanggang, kami rebus dahulu menggunakan berbagai rempah, termasuk jahe, kayu manis, dan kecap hainan. Ketika dipanggang, ayam juga tidak dibuat terlalu kering, jadi masih tetap juicy,” jelas Herry Iswanto, Executive Chef Penang Paradise.

Penampilan masakan ini terbagi dalam beberapa mangkuk, terdapat mangkuk kecil berisi kuah kaldu ayam. Kemudian terdapat mangkuk berbentuk persegi yang berisi potongan ayam panggang, tauge rebus, serta irisan timun jepang.

Selanjutnya wadah terkecil berisi tiga macam cocolan yaitu kecap asin hainan, sambal hainan, serta bawang goreng.

“Ketiga cocolan ini kami buat sendiri, dan rasanya dibuat seotentik mungkin, dengan menggunakan bahan-bahan dari negara asalnya. Bahkan, nasi yang kami gunakan juga khusus. Tidak seperti nasi yang kita makan sehari-hari,” imbuhnya.

Rasa masakan ini lebih didominasi dengan rasa gurih serta rasa bawang yang terasa kuat. Tidak hanya Nasi Hainan Ayam Panggang, resto ini mematok harga untuk menu Nasi Hainan Ayam Rebus seharga Rp 40.800.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*