Referensi Menu Berbuka Untuk Puasa Ramadhan Nanti

 

 

Letspaw.com – Mendekati bulan ramadhan tentu saja banyak sekali referensi makanan yang dapat dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Diantaranya yakni bubur sumsum yang kerap disajikan ketika berbuka puasa.

Bubur sumsum adalah bubur yang paling simpel, cara pengolahannya pun sangat sederhana begitu pula bahan yang dipakai. Bubur ini sangat lezat jika dikonsumsi dengan tambahan rebusan gula merah serta santan.

Menggunakan candil ataupun tidak, bubur sumsum juga sudah dapat dimakan. Untuk pembuatan bubur sumsum, kalian harus menyediakan bahan-bahan seperti santan dari setengah butir kelapa, air campuran daun suji serta daun pandan.

Untuk jumlah daun suji yang dibutuhkan sebanyak 25 lembar dan daun pandan sebanyak 5 lembar. Kemudian dibutuhkan pula tepung beras, garan, gula pasir, gula merah serta kacang merah.

Kemudian untuk membuatnya, campurkan santan, air daun suji, tepung beras serta gula pasir dan aduk hingga rata. Masak sembari diaduk hingga bahan meletup-letup dan matang. Selanjutnya tambahkan kacang merah dan kembali aduk sampai rata.

Sementara untuk pembuatan saus gula merah, kalian iris tipis-tipis gula merah kemudian rebus menggunakan air dan daun pandan hingga gula larut dan mengental. Sementara untuk pembuatan saus santan, kalian rebus santan dan tambahkan garam dan daun pandan, aduk sampai rata.

Untuk memasak santan, sebaiknya terus diaduk dari awak sampai benar-benar matang untuk menghindari santan yang pecah. Karena akan membuat rasa santan tidak gurih dan tidak kental bila santan pecah.

Jika telah masak, hidangkan bubur sumsum dengan saus merah dan santan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*