Kuliner Khas Pekalongan Sego Megono

 

 

 

Letspaw.com – Salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang terkenal di Jakarta antara lain warung Tegal. Warung ini dapat dijumpai diberbagai sudut Kota Jakarta. Tetapi, bila kalian hendak mencari opsi kuliner lain terdapat sego megini atau nasi megono yang siap menggoyang lidah.

Sego megono adalah salah satu kuliner khas dari daerah Pekalongan. Ciri khas kuliner ini terdapat pada cara penyajian nasi yang diberi parutan kelapa yang dicampur dengan irisan nangka muda. Sepintas bentuk nangka muda dan parutan kelapa tersebut seperti urap. Tetapi memiliki tekstur yang lebih kasar dan rasanya pedas.

Sego megono biasanya dimakan ketika sarapan pagi. Bersama dengan nasi putih hangat, megono atau taburan nangka muda akan menjadi perpaduan yang lezat untuk dinikmati.

Lauk yang tepat untuk mendampingi sego megono ini adalah tempe kemul atau mendoan yang berukuran besar. Berbeda dengan mendoan biasa, tempe kemul tidak digoreng hingga kering. Masih terdapat sisa basah adonan tepung yang memberikan tekstur lembek pada mendoan.

Tempe kemul dengan harum bawang putih menyengat, nasi putih yang mengepul, serta tanuran nangka muda dan parutan kelapa muda akan menjadi paduan menu yang lezat untuk sarapan.

Bagi kalian warga Jakarta dapat menjumpai menu ini di Warung Sego Megono di Jalan Raya Cengkir Nomor 23, Kelapa Gading. Pada tanggal 5 April-6 Mei 2018 akan ada Festival Kuliner Kompoeng Tempoe Doloe yang juga menghadirkan kuliner sego megono yang akan digelar di Summarecon Mal Kelapa Gading.

“Di Kampoeng Tempoe Doloe, ada tambahan lauk untuk santapan sego mengono, yaitu cumi-cumi tinta hitam,” ungkap Wanda, penjaja sego megono.

Mengenai harga untuk satu porsi sego megono lengkap dengan lauknya dipatok Rp 18 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*