Kuliner Nusantara Khas Bulan Ramadhan

 

 

 

Letspaw.com – Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang mencari menu takjil untuk berbuka puasa ketika bulan Ramadhan. Dan banyak makanan khas Ramadhan yang berbeda-beda di setiap daerah.

Berikut beberapa makanan khas Ramadhan diberbagai daerah di Indonesia:

1. Bubur Kampiun (Sumatera Barat)

Hidangan khas asal Sumatera Barat yang dihidangkan ketika bulan puasa yakni bubur kampiun. Sajian yang hampir sama dengan kolak ini berisi bubur sum-sum, pisang, kolak ubi, candil, bubur delima, ketan dan diberi kuah santan serta gula merah cair.

2. Kicak (Yogyakarta)

Takjil untuk berbuka puasa yang paling terkenal di Yogyakarta adalah kicak. Kuliner yang dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka ini mempunyai cita rasa yang gurih dan manis.

3. Bongko Kopyor (Gresik)

Bongko Kopyor adaolah singkatan dari9 bubur nangka dan kelapa kopyor, kuliner ini berasal dari Gresik yang dibuat dari tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa serta roti tawar.

4. Sate Susu (Bali)

Banyak orang muslim di Bali mencari makanan khas Bali ketika bulan puasa yakni sate susu. Dengan dibuat dari daging kantung susu sapi atau puting sapi yang diiris kecil, sate ini menggunakan sambal plecing khas Bali sebagai pelengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*