Kuliner Lebaran Khas Pandeglang, Angeun Lada

 

 

 

Letspaw.com – Bagi masyarakat Pandeglang, Provinsi Banten, angeun lada (sayur pedas) adalah menu wajib yang harus ada ketika hari kemenangan, ragam masakan ini selalu ada di seluruh rumah warga.

“Lebaran tanpa angeun lada terasa hambar. Makanya harus ada,” ungkap, Barnas, warga Kampung Pasirandu, Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Jumat (15/6/2018).

Lelaki paruh baya itu yang sehari-harinya menjadi petani mengatakan sejak kecil dirinya telah sangat akrab dengan angeun lada. Ketika lebaran Idul Fitri dan Idul Adha orang tuanya sering memasak masakan yang berbahan utama jeroan kerbau atau sapi ini.

“Dari kecil sudah biasa makan angeun lada kalau Idul Fitri dan Idul Adha, makanya sampai sekarang pun harus ada. Semua anggota keluarga senang sama angeun lada,” ungkapnya.

Pada Idul Fitri kali ini, dia membeli sebanyak 3 kg daging kerbau murni untuk disemur, dan 2 kg jeroan untuk dimasak sebagai angeun lada.

“Kalau semur biasanya masih ada sampai dua hari, tapi kalau angeun lada, sehari juga sudah gak ada sisanya,” ucapnya sambil tertawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*