Kuliner Khas Lasem, Lontong Tuyuhan yang Lezat

 

 

 

 

Letspaw.com – Bila kalian tengah mengunjungi daerah Lasem yang berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah maka jangan lupa untuk berburu kuliner lontong tuyuhan. Seperti yang dikatakan oleh Sie Hwie Djan alias Opa Gandor yang tengah mengunjungi daerah tersebut.

Opa Gandor merupakan tetua di kawasan Pecinan Lasem. Ketika ada orang yang mengatakan menginginkan untuk mencoba kuliner lontong tuyuhan dia langsung bergegas mengeluarkan sepeda motor tuanya. “Saya antar saja. Warung lontong tuyuhan itu adanya di dekat kebun tebu. Enggak ada angkutan umum,” kata Opa Gandor.

Lontong tuyuhan dijajakan di sebuah desa yang bernama Desa Tuyuhan. Namun, lontong tuyuhan ini telah tersebar luas hingga daerah Rembang. Menurut Opa Gandor, bentuk lontong tuyujan ini dipengaruhi oleh masakan China.

Kuliner khas ini disajikan dnegan sayur berisi potongan ayam kampung. Dan diberi nama tuyuhan karena sesuai dengan nama daerah yang menjajakannya. Sejumlah masyarakat desa Tuyuhan juga berinisiatif untuk membuka warung sederhana dan sekarang telah mengalami perkembangan menjadi lebih baik dan permanen. “Karena bantuan pemerintah,” kata Opa Gandor.

Untuk satu porsi lontong tuyuhan ini dipatok seharga Rp 12 ribu. Umumnya para penjual kuliner ini membuka warungnya ketika pukul 10.00 hingga pukul 17.00. Kuliner yang nikmat dengan aroma kunyit yang khas, lontong tuyuhan ini juga memiliki sejarah tersendiri di daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*